1.
Mengidentifikasi permasalahan
Masalah yang ada diidentifikasi dengan beberapa prosedur, diantaranya
melalui POST.
2.
Menganalisis permasalahan
Pesan/peringatan kesalahan yang ditunjukan melalui POST ataupun oleh
komponen lain dikomputer, dianalisis letak atau sumber komponen yang menjadi
penyebab timbulnya permasalahan.
3.
Mengklasifikasi permasalahan
Melakukan pengelompokan permasalahan, dapat dilakukan berdasarkan
hardware, software, atau ermasalahan itu sendiri.
4.
Menentukan hipotesis
wal penyebab masalah
Dengan mengklasifikasikan suatu permasalahan, maka dapat ditentukan
hipotesis awal bagian yang bermasalah dan penyebab masalah . hal ini dipakai
sebagai acuan untuk mencari cara yang tepat dalam mengatasi masalah dan
mencegah timbulnya kembali masalah yang sama.
5.
Mengisolasi permasalahan
Masalah yang sudah diklasifikasikan, difokuskan pada ruang lingkup yang
lebih kecil ini untuk memudahkan menemukan sumber masalah, dan agar tidak
terjadi salah dalam menangani masalah
6.
Tindakan perbaikan
Jika
penyebab masalah sudah diketahui, selanjutnya dilakukan langkah perbaikan. Dengan
demikian, masalah yang sama diharapkan tidak akan terulang kembali.
0 comments:
Post a Comment